Senin, 28 November 2011

TUGAS T.I.K


1.      Apa Pengertian CAI dan CBT, jelaskan!
CAI dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Pada umumnya CAI merupakan segala kegiatan pendidikan yang menggunakan media komputer. Banyak pula penggunaan terminologi yang memiliki arti hampir sama dengan CAI. Web based learning, online learning, computer-based training/learning, distance learning, e-learning, dan lain sebagainya adalah terminologi yang sering digunakan untuk menggantikan CAI. Terminologi CAI sendiri dapat mengacu pada semua kegiatan pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan media elektronik atau teknologi informasi. CAI dapat diklasifikasikan menjadi Tutorial, Drill and practice, Simulations, serta Instructional Games.
CBT  adalah sebuah perangkat dimana kegiatan belajar diakses melalui komputer atau perangkat genggam. CBTs konten biasanya hadir secara linear, seperti membaca sebuah buku online atau manual. Untuk alasan ini mereka sering digunakan untuk mengajarkan proses statis, seperti menggunakan perangkat lunak atau menyelesaikan persamaan matematika. Komputer Berbasis jangka Pelatihan sering digunakan bergantian dengan Web berbasis pelatihan (WBT) dengan perbedaan utama adalah metode pengiriman.

2.      Apa saja model pemanfaatan CBT?
CBTs konten biasanya hadir secara linear, seperti membaca sebuah buku online atau manual. Untuk alasan ini mereka sering digunakan untuk mengajarkan proses statis, seperti menggunakan perangkat lunak atau menyelesaikan persamaan matematika. Komputer Berbasis jangka Pelatihan sering digunakan bergantian dengan Web berbasis pelatihan (WBT) dengan perbedaan utama adalah metode pengiriman. Dimana CBTs biasanya disampaikan melalui CD-ROM, WBTs disampaikan melalui internet menggunakan web browser. Menilai belajar dalam CBT biasanya datang dalam bentuk pertanyaan pilihan ganda, atau penilaian lain yang dapat dengan mudah dicetak oleh komputer seperti drag-and-drop, simulasi tombol radio, atau sarana interaktif lainnya. Penilaian mudah mencetak dan dicatat melalui software online, memberikan pengguna akhir langsung umpan balik dan status penyelesaian. Pengguna sering mampu mencetak catatan selesai dalam bentuk sertifikat.
Namun, CBTs menimbulkan beberapa tantangan belajar juga. Biasanya penciptaan CBTs yang efektif memerlukan sumber daya besar. Perangkat lunak untuk CBTs berkembang (seperti Flash atau Adobe Direktur) sering lebih kompleks daripada ahli subjek atau guru yang dapat menggunakan. Selain itu, kurangnya interaksi manusia dapat membatasi kedua jenis konten yang dapat disajikan serta jenis penilaian yang dapat dilakukan. Banyak organisasi belajar mulai menggunakan lebih kecil CBT / WBT kegiatan sebagai bagian dari program pembelajaran online yang lebih luas yang dapat mencakup diskusi online atau elemen interaktif lainnya.



3.      Apa saja aspek penting dalam CAI?
1. Umpan balik
Setelah memberikan respon, siswa harus segera diberi umpan balik. Umpan balik bisa berupa komentar, pujian, peringatan atau perintah tertentu bahwa respon siswa tersebut benar atau salah. Umpan balik akan semakin menarik dan menambah motivasi belajar apabila disertai ilustrasi suara, gambar atau video klip.

2. Percabangan
Percabangan adalah beberapa alternatif jalan yang perlu ditempuh oleh siswa dalam kegiatan belajarnya melalui program CAI. Program memberikan percabangan berdasarkan respon siswa. Misalnya, siswa yang selalu salah dalam menjawab pertanyaan materi tertentu, maka program harus merekomendasikan untuk mempelajari lagi bagian tersebut. Atau bila siswa mencapai skor tertentu, siswa bisa langsung menuju ke tingkat atas dan sebaliknya.

3. Penilaian
Program CAI yang baik harus dilengkapi dengan aspek penilaian. Untuk mengetahui seberapa jauh siswa memahami materi yang dipelajari, pada setiap sub topik siswa perlu diberi tes atau soal latihan.

4. Tampilan
Disebabkan program CAI dikerjakan melalui layar monitor, maka perlu diperhatikankan jenis informasi, komponen tampilan, dan keterbacaan. Jenis informasi yang ditampilkan bisa berupa teks, gambar, suara, animasi atau video klip. Ilustrasi dan warna bisa menarik perhatian siswa, tetapi bila berlebihan akan membuat siswa menjadi tidak fokus pada program tersebut. Satu layar bila mungkin berisi satu ide atau pokok bahasan saja. Komponen tampilan yang penting adalah identifikasi  tampilan seperti nomor halaman, judul atau sub-judul yang sedang dipelajari, perintah-perintah seperti untuk maju, mundur, berhenti dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar